Pra TMMD, TNI Buka Akses Jalan Menuju Pura Bergiding

MN-News | Pura Subak Bergiding yang berlokasi di Banjar Pundung, Desa Pangsan, Kecamatan Petang, Badung, menjadi sentral persembahyangan bagi warga disana. Namun selama ini akses jalannya kurang memadai.

Sehingga warga harus mengakses jalan memutar untuk menjangkau pura tersebut. Namun seiring dengan pelaksanaan TMMD Ke-101 di Banjar Pangsan, akses jalan pintas telah terbangun.

“Dulu warga yang akan melaksanakan persembahyangan disini, harus memutar dulu jalannya. Kalau sekarang bisa langsung dan lebih dekat,” jelas Kelian Subak Bergiding I Made Sukarta, (59), Sabtu, 31 Maret 2018.

Pura Subak Bergiding dibangun sebagai tempat persembahyangan bagi Dewi Kemakmuran dan kesuburan atau Dewi Sri. Pura itu berdiri di lahan seluas 110 hektar dengan sekurangnya ada 123 orang yang rutin mengadakan persembahyangan di tempat itu.

Sementara, dengan selesainya akses jalan pintas menuju Pura Bergiding, dikatakan Mayor Inf Ariyanto, bisa langsung dimanfaatkan oleh warga. Terlebih lagi, pada Sabtu, 31 Maret 2018 bertepatan dengan perayaan Hari Raya umat Hindu yakni, Tumpek Landep.

“Penyelesaian pekerjaan untuk menyempurnakan jalan masih dilakukan. Hanya saja, bertepatan Hari Raya Tumpek Landep sekarang, tenaga dibagi jadi 2 shift,” jelas Ariyanto.

TMMD ke-101 secara resmi akan dibuka pada 4 April 2018. Di Bali, TMMD dipusatkan di Banjar Pundung, Desa Pangsan, Kecamatan Petang, Badung. (Way)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*