Komitmen Koster Majukan Olahraga Bali, Sejahterakan Atlet Hingga Sarana Prasarana Taraf Internasional

MEDIANUSANTARA-NEWS.COM

Denpasar, Bali l Calon Gubernur Bali nomer urut 1 Wayan Koster bukanlah orang yang tak paham dengan dunia olahraga. Koster menegaskan bahwa dirinya merupakan salah satu anggota DPR RI yang ikut memperjuangkan lahirnya Undang-Undang tentang Sistem Olahraga Nasional.

“Hampir 15 tahun di Komisi X (DPR RI), jadi saya paham betul soal permasalahan dunia olahraga dari tingkat nasional sampai di daerah. Mulai dari pembibitan, pembinaan, fasilitas, infrastruktur, prestasi dan kesejahteraan atlet,” ujar Koster.

Menurutnya olahraga merupakan salah satu sektor penting yang harus diperhatikan. Selain menjadi kebangaan masyarakat, prestasi olahraga juga dapat memeberi citra dan nama yang baik Bali.

Untuk itu, pihaknya berkomitmen akan memberikan alokasi anggaran yang lebih besar dalam APBD untuk memajukan dunia olahraga di Bali.

“Mulai dari kebijakan, pengangaran yang dibutuhkan, infrastruktur penunjang, juga nasib para atlet. Karena bidang olahraga akan meningkatkan citra dan nama baik daerah Bali serta meningkatkan kebanggaan kita,” terangnya.

Bahkan ia bertekad akan mengembangkan sarana prasarana olahraga berkualitas internasional di Bali dan menjadikan olahraga sebagai salah satu indikator keberhasilan pembangunan.

Sedangkan terkait persoalan nasib kesejahteraan para atlet dan mantan atlet, sebagaimana yang dikeluhkan oleh Ketua Komunitas Olahragawan Bali Nyoman Budi Adnyana, Koster siap membantu melalui sejumlah program.

Diantara beasiswa, kesehatan gratis, bantuan rumah layak huni serta pemberian pekerjaan.

“Nanti dipilih saja salah satu dari itu,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Adnyana menjelaskan bahwa selama ini para atlet hanya diperhatikan pemerintah jika memiliki prestasi, itu pun hanya dalam bentuk penghargaan. Pasca itu, mereka terkesan diterlantarkan. Padahal lanjut dia, para atlet melalui perjuangan keras telah mengharumkan serta membuat kebanggaan bagi nama daerah maupun bangsa.

“Contohnya seperti nasib Ellyas Pical, legenda tinju Indonesia. Mantan juara dunia tinju yang mengharumkan nama bangsa. Ketika berjaya dieluk-elukan, tapi sesudah pensiun? Saya prihatin setelah melihat dia, kini di masa tuanya hanya menjadi OB (Office Boy) di KONI Pusat,” tuturnya.

Ketua Komunitas Olahragawan Bali, Nyoman Budi Adnyana (Foto : Ist) 

Untuk itu ia sangat berharap pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Bali Wayan Koster-Tjok Oka Artha Ardhana (Koster-Ace), dapat memajukan olahraga, termasuk memperhatikan kesejahteraan altlet.

Menurutnya, apabila melihat  komitmen Koster selama menjadi Anggota Komisi X DPR RI yang salah satu tugasnya pada bidang olahraga, dirinya sangat yakin hal tersebut bisa terwujud.

Koster menurut dia, selama duduk sebagai anggota Komisi X DPR RI yang salah satunya membidangi olahraga telah terbukti memperjuangkan kemajuan dunia olahraga nasional termasuk Bali.

“Kita semua sudah tahu. Beliau adalah salah satu anggota DPR yang paling getol memperjuangkan kemajuan dunia olahraga kita. Termasuk saat duduk sebagai anggota Badan Anggaran,” sebutnya. (*)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*