Sun. Aug 9th, 2020

Sambut HUT Kemerdekaan RI 73, Papua Gelar Parade Budaya di Raja Ampat 

PUTRAINDONEWS.COM

RAJA AMPAT | Ratusan masyarakat Raja Ampat yang terdiri dari etnis dan golongan, tua muda bahkan anak-anak sekolah turun ke jalan untuk meramaikan karnaval budaya yang digelar pemda Raja Ampat guna memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun  Kemerdekaan Indonesia ke-73.

Acara karnaval yang berlangsung Selasa, 14 Agustus 2018 dengan mengambil titik star dari Pantai Waisai Torang Cinta atau Pantai WTC tersebut selanjutnya melewati jalan-jalan utama di Kota Waisai-Kabupaten Raja Ampat dan berakhir di Halaman Kantor Bupati Raja Ampat. 

Sejumlah etnis atau suku Nusantara yang berada di Raja Ampat hadir dalam acara bertajuk budaya tersebut dengan menampilkan pakaian dan tarian khas daerahnya masing-masing. Tak ketinggalan tarian suling tambur dan tarian khas masyarakat asli Raja Ampat  memimpin karnaval budaya tersebut. 

Sejumlah anak-anak sekolah dari berbagai lembaga pendidikan di Raja Ampat hadir dengan menggunakan pakaian profesi-profesi tertentu seperti polisi, tentara, dokter, rohaniawan,  bahkan hingga pakaian ASN. 

Tidak hanya masyarakat dari berbagai etnis, karnaval budaya tersebut juga dihadiri pegawai di Pemda, BUMN, Perwakilan Organisasi Wanita, Tokoh Agama bahkan juga nampak Bupati dan Ketua  tim Penggerak PKK Raja Ampat mengambil bagian dan hadir bersama masyarakat dalam Karnaval Budaya tersebut. 

Pemda Raja Ampat menyambut positif atas terlaksananya karnaval budaya dalam rangka HUT ke-73 RI tersebut. Bupati AFU sapaan Abdul Faris Umlati menyampaikan terima kasih atas dukungan dan keterlibatan masyarakat Raja Ampat dalam kegiatan tersebut. 

Bupati Abdul Faris Umlati menjelaskan keberagaman budaya merupakan kekayaan bangsa dan daerah. Bagi Raja Ampat, keberagaman budaya tersebut sebagai kekuatan dan potensi besar dalam mendukung pengembangan pariwisata Raja Ampat. 

“Selain karnaval budaya, Pemda Raja Ampat juga menggelar sejumlah pertandingan dan perlombaaniantaranya adalah jalan sehat, gerak jelan, lomba kebersihan lingkungan, tarik tambang dan panjat pinang,” ujar AFU.

Sementara itu puncak Peringatan HUT ke-73 Republik Indonesia tersebut akan dilaksanakan di Pantai Waisai Torang Cinta dengan inspektur upacara Bupati Raja Ampat yang dilanjutkan tabur bunga di Pelabuhan Waisai, Kabupaten Raja Ampat. (**)