Sat. Aug 15th, 2020

Pers Mitra Pemerintah Daerah Bukan Duri Di Kaki

MEDIANUSANTARA-NEWS.COM

Pangkalpinang – Babel | Ketua Himpunan Pewarta Indonesia (HPI) Kepulauan (Kep) Bangka Belitung (Babel) Rikky Fermana S.IP., Mediator,  sebelum pelantikan dan pengukuhan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) Kep Babel dalam sambutannya, terkait menanggapi polemik ujian kompetensi wartawan (UKW) yang sempat disinggung oleh Asisten Administrasi Umum Pemprov Kep.Babel H.Darlan dalam sambutannya hadir mewakili Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.

“Perlu saya sampaikan kembali sebagai mewakili organisasi pers atau masyarakat pers yang ada di Bangka Belitung bahwa kami mendukung adanya uji kompetensi bagi wartawan agar kedepannya insan pers menjadi lebih profesional dan beretika dalam melaksanakan tugasnya,’” kata Rikky mantan Komisioner Komisi Informasi (KI) Provinsi Kep Babel, Hotel PIA jalan Sudirman, Sabtu,(28/12/2019).

Namun kembali Rikky menegaskan perihal UKW bagi para pewarta di Babel lantaran sebagian pihak menganggap jika HPI menolak UKW.

“Perlu kami tegas kembali yang diprotes itu bukanlah pelaksanaan UKW-nya tapi persyaratan teknis bagi wartawan yang ikut harus terdaftar sebagai organisasi pers lainnya dan itu menyalahi aturan,” Kata Rikky.

Ditambahkannya, di era reformasi dan berdasarkan Undang-undang Nomor 40 Tahun 2019 tentang Pers bahwa pewarta berhak dan bebas untuk memilih organisasi persnya masing-masing, dan ada beberapa  organisasi pers telah terbentuk kepengurusannya di daerah/di provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sebaliknya Rikky berharap agar pihak pemerintah daerah tidak bersikap timpang dalam dalam bersinergi dengan para awak media mana pun namun tetap mengedepankan sikap independen.

“Munculnya beragam organisasi Pers jangan menjadi kekhawatiran pemerintah daerah, Namun keberadaan kami adalah mitra sama-sama memberi kontribusi dan mendukung program pemerintah dan bagian dari sosial kontrol dalam mendukung pembangunan nasional,” Kata Rikky yang juga sebagai Ketua IMO Indonesia DPW Babel.

Terlebih Rikky pun lagi-lagi mengingatkan khususnya kepada pemda agar tidak berpikir negatif terhadap peran pers atau pun organisasi media yang terdapat di Babel.

“Pers mitra pemerintah daerah dan bukan duri di kaki. Namun sebaliknya mitra mendukung program pembangunan di daerah,” tegasnya.

Kemudian, setelah selesai rangkaian acara dengan sambutan, sejumlah Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) Provinsi Kepulauan (Prov
Kep) Bangka Belitung (Babel) dilantik dan dikukuhkan oleh Ketua Umum PWRI Suryanto.Pd, SH.,MH., MK.N.

Tampak yang hadir, selain ketua FPII Babel Ari Wijaya, IWO Babel Evan Satriadi, Ketua Ormas LMP Babel Rizal Efendi, Sekjend DPP PWRI Zulfikar Taher, SH. S.Pd.I., Ketua OKK DPP PWRI Tongam HL. Tobing, Humas Dan Protokol Pemprov Kep.Babel Eewanto, Kepala BNN Kota Pangkalpinang AKBP Ichlas Gunawan, Staf Ahli Bidang Hukum Pemerintahaan dan politik Kota Pangkalpinang Drs. Akhmad Subekti, M.Si.

(Abdul Hamid SH/HPI Babel)

The post Pers Mitra Pemerintah Daerah Bukan Duri Di Kaki appeared first on Mitra Berita.